Rainmeter : Buat Desktop-mu menarik!



Selamat siang.

Ternyata sudah satu bulan saya tidak pernah membuka blog ini. Kesibukan di dunia membuat semua hal menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Yah~

Kali ini, bertepatan dengan sebuah tugas yang harus saya selesaikan, saya akan membuat review mengenai sebuah software untuk kostumisasi desktop, Rainmeter.

Mungkin beberapa orang, dan juga yang pernah membuka post saya yang sebelumnya tahu perangkat lunak apa yang akan saya review ini. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Rainmeter adalah sebuah software kostumisasi desktop, di mana Anda bisa menambahkan banyak hal layaknya gadget yang lebih advance dalam desktop anda, seperti jam, kalender, maupun status percintaan atau informasi dari komputer Anda.


Contoh Rainmeter. Klik untuk memperbesar~
Tidak hanya itu, Anda bisa mengkostumisasinya lebih lanjut dengan menggunakan skin Rainmeter. Skin Rainmeter ini bisa Anda dapatkan dari Internet ataupun beberapa tempat khusus yang menyediakannya, seperti costumize.org, deviantart, dll. Dengan skin tersebut, Anda bisa lebih bebas dan leluasa dalam kostumisasi sesuai dengan yang Anda inginkan.

Bicara mengenai kostumisasi visual, pastinya kita akan berurusan dengan resource atau sumber daya komputer (CPU/RAM/dll.). Rainmeter menggunakan resource komputer secara variatif tergantung bagaimana Anda mengkostumisasi Rainmeter dalam komputer.

Entah kenapa, saya jadi menyesal membandingkan desktop saya seperti ini...

Yah, sebenarnya saya tidak ingin terlihat terlalu mencolok akan segala suatu hal, mungkin ini sifat buruk saya, atau mungkin sifat baik saya? Yang jelas ini tidak ada kaitannya dengan artikel ini~

Kembali ke Rainmeter, software ini sangat bermanfaat bagi orang yang sangat memperhatikan penampilan desktop ataupun informasi yang detil dari komputernya. Dengan kostumisasi yang bisa saya bilang mudah dan tampilan pengaturan yang tidak membingungkan, Rainmeter cocok bagi orang-orang yang sangat suka mendandani desktopnya, bahkan untuk pemula atau newbie (lebih kasarnya lagi noob) saya rasa bisa menggunakan aplikasi ini.

Saat ini, aplikasi Rainmeter sudah mencapai versi 3.1 dan juga sedang dikembangkannya versi 3.2 dengan rilisnya beta untuk dicoba oleh publik. Saya sarankan untuk pemula agar memakai versi 3.1 yang lebih stabil dan mempunyai resiko lebih kecil terkena error. Link download akan saya sertakan di bagian bawah artikel.

Karena beberapa alasan, ketika menulis artikel ini saya mengubah tampilan desktop saya. Mungkin karena iri oleh yang terlihat hi-tech di atas, maafkan saya~

Hanya ganti wallpaper dan warna jam~
Yah... Setidaknya tampilan yang setema dapat memberi kesan keren secara sekilas~

Kesimpulan Sekilas: Rainmeter

Kelebihan :
  • Membuat desktop anda semakin ciamik.
  • Dapat memberikan informasi mengenai komputer Anda.
  • Skin yang beragam dan dapat disesuaikan sesuai keinginan Anda.
Kekurangan :
  • Semakin banyak kostumisasi semakin berat.
  • Dokumentasi kurang lengkap bagi orang awam.
  • Sulit untuk belajar membuat skin Rainmeter.

Link Download :


One Comment

  • 17 Agustus 2014 pukul 01.08 | Permalink

    ~ Good ~

  • Leave a Reply

    Silahkan tuangkan segala kritik, saran, maupun komentar yang ada dalam pikiran anda dengan bahasa yang baik dan benar. Terimakasih